Jumat, 04 Januari 2013

UAS GIS-Basis Peta Provinsi Kalimantan Tengah



Ujian Akhir Semester Sistem Informasi Geografis (GIS) hari ini cukup menegangkan namun seru. Aku memberi label ujianku hari ini "Awal Galau, berakhir Kemilau". Betapa tidak, diberikan soal saya segera melakukan 4 langkah normalisasi tabel dengan tujuan merubah format ".xls" ke dalam format ".dbf" sampai ada kurang lebih 10 kali. Saya menuduh statatransfer app saya sudah 'hang' sampai harus mengganggu teman lain untuk meminjamkan statatransfernya. Ternyata, saya tidak segera menyimpan tabel excel saya ke workbook excel baru sehingga pada sat dibaca stata transfer berada pada sheet 1. Kejadian itu pada 55 menit pertama ujian, dan saya hanya punya 65 menit lagi untuk menyelesaikan tiga peta yang diinginkan peneliti. 

Saya berpacu melawan waktu, dengan menggunakan kecepatan tangan dan memori, dan segera menebus waktu yang baru saja hilang. Yang lebih lucu, saya ternyata tega tidak mengindahkan teman sebelah yang sedari tadi meminta bantuan saya untuk mengolah normalisasi tabel. hahaha !. 


Untuk pertanyaan pertama, peneliti akan melakukan stratifikasi wilayah administrasi provinsi Kalimantan Tengah berdasarkan Kabupatennya. Pada legenda peta menunjukkan nama kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah. 
Berikut adalah pengajian peta GIS.






Pertanyaan berikutnya. Peneliti melakukan perbandingan Jumlah ibu bersalin dan jumlah persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan provinsi Kalimantan Tengah. Untuk memudahkan pembaca peta membandingkan dua data (numerik-Red), maka sebaiknya analisis pada data spasial menggunakan format barchart. 
Sayang, pada soal tidak dicantumkan tahun penelitian.
Berikut adalah penyajian peta GIS.

















Selanjutnya, peneliti akan melakukan stratifikasi persentase Kunjungan K4 ibu hamil berdasarkan wilayah administrasi Provinsi Kalimantan Tengah. Untuk klasifikasi, kita dapat menggunakan format 'graduated color' dan memilih variabel 'persentase K4' lalu melakukan stratifikasi menggunakan perintah yang ada.
Stratifikasi ditetapkan berdasarkan klasifikasi persentase kunjungan K4 Ibu hamil berikut:
  • Sangat Tinggi (>90%)
  • Tinggi (80% s/d 90%)
  • Sedang (65% s/d 80%)
  • Rendah (0% s/d 65%)
  • Sangat Rendah (Tidak ada data)  

Berikut ada penyajian petaa GIS.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar